Tuesday 31 July 2012

Install Aplikasi Android Langsung ke Memori Eksternal


Biasa lagi liburan gini biasanya seneng nyari nyari game buat hp, lumayan lah biar ga sepi sepi amat kan ya apalagi manusia lajang kaya gue ya tau lah ya (tiba tiba curhat). Dan tiba tiba nemu game yang kayanya keren banget nih di Google Play, Namanya Inotia 4! Kalau yang main Inotia 3 pasti udah nunggu nunggu banget nih.

Inotia 4 : Assassin Of Berkel
Nah waktu mau install, masalah muncul. Game ini besarnya sekitar 40mb tapi memori internal hp gue tinggal 30mb lagi, maklum lah hp gue internal memorinya kecil banget. Kecewa kan gue. Buat yang memori internal hp nya kecil dan jomblo pasti ngerti banget perasaan gue yang tersakiti ini. Nah ternyata ada solusinya! Kita ubah aja supaya aplikasi yang diinstall langsung masuk memori eksternal by default. Caranya gimana qaqaq?

Pertama, Install dulu Google Android SDK, download bentar lah (ga bentar juga sih, sizenya sekitar kurang lebih 68.835kb) tapi pastikan dulu udah install Java SDK, kalau belum ya download dulu di sini. Kalau udah siap semua, buka SDK Manager-nya.


Kedua, ternyata Android SDK Platform-Tools belum diinstall secara default nih ya maaf ya kamu harus download lagi, tinggal centang terus install deh.

Centang yang ini...
...Terus klik yang ini.
Ketiga, kalau sudah diinstall dan sudah siap semuanya, colokin hp kamu ke laptop atau CPU pake kabel USB-nya, terus aktifin Developer Mode (kalau yang ga tau, ada di Settings > Applications > Development) terus kamu masuk ke direktori tempat install Android SDK tadi, defaultnya sih di C:\Program Files\Android\android-sdk\platform-tools, tapi gue installnya ga default. Di dalem folder itu, teken Shift terus klik kanan, nanti ada ginian :

Klik "Open command window here".

Keempat, kalau udah masuk cmd langsung jalanin perintah adb devices untuk memastikan device kamu nyolok apa gak.


Terus selanjutnya, ketik perintah adb shell pm setInstallLocation 2.


Udah deh, hp kamu sekarang defaultnya install ke memori eksternal, bahkan aplikasi yang ga bisa dipindahin ke memori eksternal sebelumnya, jadi bisa. Tapi hati hati, ada beberapa aplikasi yang memang habitatnya di memori internal, karena saat hp masuk mode USB Storage, aplikasi yang di memori eksternal ga bisa diakses, jadi buat aplikasi yang harus jalan terus sepanjang waktu ya taro di memori internal aja terus.

Kalau mau dikembalikan seperti semula tinggal jalanin perintah adb shell pm setInstallLocation 0.

3 comments:

  1. pencerahan bos agak bingung ne maklum gua msh newby..
    bdw g ada cara yg lbh praktis ea,,?
    tanpa komputer mungkin,,

    ReplyDelete
  2. sip lah ilmu nya ... btw gw joblo juga .. xixixi XD

    wahyu-newbie41.blogspot.com
    ^^ hasil dari kesepian gw gan ... hehehe

    ReplyDelete